MENJELAJAHI DIMENSI TIGA DENGAN CABRI 3D V2

MENJELAJAHI DIMENSI TIGA DENGAN CABRI 3D

Bagian Cabri 3D

Geometri, khususnya dimensi tiga (bangun ruang) merupakan salah satu pelajaran yang sedikit sulit dipelajari karena sulitnya berimajinasi dalam perspektif dan juga membangun suatu benda. Cabri 3D versi 2 (Cabri 3D) adalah program yang memfasilitasi pelajar untuk menjelajahi ruang tiga dimensi dengan lebih mudah.

Tautan di bawah ini akan membawa Anda ke Cabrilog, mengakses dan mengunduh program Cabri 3D, untuk guru https://cabri.com/en/instructor/cabri-3d/

Berdasarkan https://cabri.com , Cabri 3D adalah alat bagi siswa untuk mengeksplorasi dan memahami geometri tiga dimensi. Dengan menggunakan program ini siswa dapat belajar memanfaatkan sifat-sifat bangun tiga dimensi dan memahami konstruksi matematika. Selain itu, Cabri 3D membantu siswa mengembangkan pemikiran matematis dan kreativitas mereka.

Materi pembelajaran ini, berisi tentang cara menguraikan Cabri 3D di Pembelajaran Matematika dengan toolbox sebagai berikut.


Untuk setiap tool memiliki sejumlah fungsi, untuk menggunakannya silakan klik kiri pada mouse Anda.

Gambar berikut adalah tampilan tampilan Cabri 3D. Untuk memanipulasi tampilan, caranya dengan mengklik dua kali di sebelah kanan, klik tombol mouse. Misalnya, untuk menyembunyikan / menampilkan objek tampilan tampilan klik pada ruang kosong, tahan, seret mouse, dan klik pada alat yang diperlukan.

Untuk mengubah sudut pandang, berikan satu klik pada tombol kanan mouse Anda, tahan, dan seret.


Permukaan abu-abu di tengah disebut sebagai bagian yang terlihat. Konsep bagian yang terlihat dan tidak terlihat di permukaan penting untuk memahami cara kerja Cabri 3D. Terlihat ada kotak yang lebih terang sedangkan kotak yang satu lebih gelap (bagian tidak terlihat). Dua objek gambar pada Cabri 3D selalu menggunakan bagian yang terlihat atau permukaan abu-abu.

Memulai Cabri 3D

Membuat, memberi label, dan memanipulasi titik, garis, dan kurva.

Untuk membuat titik, gunakan alat titik (Point) klik dan pilih "Point" . Kemudian, untuk memberi label alat manipulasi titik klik, klik titik dan ketik A pada keyboard Anda.

Untuk memanipulasi objek apa pun di Cabri 3D pastikan untuk menggunakan dan klik alat manipulasi (Manipulation).

Untuk menghapus titik, letakkan penunjuk Anda hingga muncul titik berkedip, klik, dan tekan hapus (delete) pada keyboard.

Untuk membuat titik pada bidang, klik alat titik dan klik pada bidang

Titik pada ruang dapat dibuat dengan menggunakan alat titik (Point) dan tahan "Shift" pada keyboard dan bergerak ke atas atau ke bawah untuk membuat titik di atas atau di bawah bidang.

Untuk membuat dan memanipulasi garis dan kurva, klik pada alat garis dan kurva (Line and Curves). Alat tersebut terdiri dari delapan alat, yaitu garis, ruas, sinar, vektor, lingkaran, busur, kerucut, dan kurva persimpangan(line, segment, ray, vector, circle, arc, conic, and intersection curve).

 

Mari kita coba membuat garis. Berdasarkan pengertian garis, suatu garis dapat ditentukan oleh dua titik, sehingga cara yang paling mudah untuk membuat garis adalah melalui dua titik. Untuk membuat garis menggunakan Cabri 3D, pertama klik alat garis (line), klik pada bidangnya, dan klik kedua untuk menyelesaikan garis.


Untuk membuat sinar (ray) , klik alat sinar (ray) dan klik pada bidang, seret dan klik kedua. Kemudian, buat sinar kedua. Beri label titik pertama sebagai titik A, lalu manipulasi titik A untuk mengamati sinarnya.



Video Pengenalan Cabri 3D dapat dilihat di https://youtu.be/BumSbE-qNW0

Video Tutorial membuat tumpukan kubus dengan Cabri 3D dapat dilihat di https://youtu.be/FTowHumjkeM

Video Tutorial membuat Balok ABCD.EFGH dengan menampilkan panjang sisinya, silakan dilihat di

Diterjemahkan dari EXPLORING THE 3RD DIMENSION WITH CABRI 3D written by Pasttita Ayu Laksmiwati, M.Pd.

Komentar